Abstrak
Peraturan Menaker Nomor 10 Tahun 2016


Admin 10 Maret 2016
Katalog   Full Text

JAMINAN KECELAKAAN KERJA – BESARAN TARIF – PELAYANAN KESEHATAN

2016

PERMENAKER NO.10 Tahun 2016, LL NAKER 2016 : 12 Hlm; BN NAKER TH, 2016 No.387


Peraturan Menteri Ketenagakerjaan TENTANG Tata Cara Pemberian Program Kembali Kerja Serta Kegiatan Promotif Dan Kegiatan Preventif Kecelakaan Kerja Dan Penyakit Akibat Kerja



ABSTRAK :   - Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 49 ayat (2) dan Pasal 50 ayat (2) PP No. 44 Tahun 2015 tentang penyelenggaran program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, perlu menetapkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan tersebut;
    - Dasar Hukum Peraturan Menteri ini adalah : UU No.1 Tahun 1970; UU No. 13 Tahun 2003; UU No. 40 TAHUN 2004; UU No. 24 Tahun 2011; PP No. 44 Tahun 2015; PERMENAKER No. 8 Tahun 2015.
    - Dalam Peraturan Menteri ini diatur tentang : yang dimaksud jaminan kecelakaan kerja; kecelakaan kerja; penyakit akibat kerja; fasilitas pelayanan kesehatan; BPJS Ketenagakerjaan; Trauma Center BPJS Ketenagakerjaan; Dokter Penasehat; Manajer Kasus Kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja; kegiatan preventif; peserta pekerja; pemberi kerja; Menteri; Pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dan/ atau penyakit akibat kerja dapat memperoleh manfaat program kerja berdasarkan rekomendasi dari Dokter penasehat; program ini diberikan secara konprehnsif mulai dari pelayanan kesehatan, rehabilitasi dan pelatihan kerja sesuai dengan persyaratan yang ditentukan; mekanisme penyelenggara dimulai adanya laporan ke BPJS Ketenagakerjaan dan daerah yang menyelenggarakan setempat tidak lebih dari 2 x 24 jam sejak terjadinya kecelakaan; BPJS Ketenagakerjaan dat bekerjasama dengan fasilitas kesehatan; pelayanan rehabilitasi dan fasilitas pelatihan; melakukan monitoring evaluasi; kegiatan pencagahan promotif dan preventif dengan mengajukan kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah disepakati paling lama 7 (tujuh) hari setelah kegiatan selesai dilaksanakan program ini dilaporkan kepada Menteri secara berkala setiap 6 (enam) bulan.
CATATAN :  - Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, 10 Maret 2016.

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, maka Perjanjian Kerja sama antara BPJS Ketenakerjaan dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang sedang berjalan tetap berlaku sampai berakhirnya masa perjanjian kerja sama.