Mengenal Organisasi Dewan Jaminan Sosial Nasional



Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak, untuk melaksanakan jaminan sosial dibuat Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sistem Jaminan Sosial Nasional adalah suatu tata cara penyelenggaraan program jaminan sosial oleh beberapa badan penyelenggara jaminan sosial. Jenis program jaminan sosial dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional meliputi :

a. jaminan kesehatan;

b. jaminan kecelakaan kerja;

c. jaminan hari tua;

d. jaminan pensiun; dan

e. jaminan kematian.

 

Sistem Jaminan Sosial Nasional pada dasarnya merupakan program negara yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui program ini, setiap penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan, karena menderita sakit, mengalami kecelakaan kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut, atau pensiun.

 

Untuk penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional dibentuklah Dewan Jaminan Sosial Nasional. Dalam melaksanakan tugasnya, Dewan Jaminan Sosial Nasional dibantu oleh Sekretariat Dewan yang dipimpin oleh seorang sekretaris yang diangkat dan diberhentikan oleh ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

 

Susunan organisasi Dewan Jaminan Sosial Nasional tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat. Untuk itu, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui susunan organisasi Dewan Jaminan Sosial Nasional.

 

(selengkapnya…)

» Lihat Semua Berita