Pertemuan Pembinaan Komunitas Hukum Kementerian Ketenagakerjaan Tahun 2019


Pertemuan Pembinaan Komunitas Hukum Kementerian Ketenagakerjaan Tahun 2019


(Jakarta, Desember 2019), Bertempat di Swiss-belhotel Jakarta, tanggal 5 s.d 6 Desember 2019, Biro Hukum telah menyelenggarakan Pertemuan Pembinaan Komunitas Hukum Kementerian Ketenagakerjaan dengan tema “Reformasi Regulasi Dalam Rangka Penyederhanaan Perizinan Dan Pelayanan Bidang Ketenagakerjaan”. Pertemuan Pembinaan Komunitas Hukum Kementerian Ketenagakerjaan ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Politik Hukum Keamanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Pimpinan Pejabat Tinggi Madya, Pimpinan Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Kementerian Ketenagakerjaan.

Pertemuan Pembinaan Komunitas Hukum Kementerian Ketenagakerjaan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Ir. Khairul Anwar. Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal menjelaskan bahwa reformasi regulasi dan penyederhanaan perizinan usaha merupakan agenda prioritas nasional. Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa pemenuhan kewajiban pendaftaran dan perizinan usaha baik ditingkat nasional maupun ditingkat daerah dapat dilakukan secara mudah serta memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu diperlukan reformasi struktural, tidak hanya dalam menyederhanakan jumlah dan mekanisme perizinan, namun juga harus diimbangi dengan rasionalisme regulasi yang saling tumpang tindih dan menghambat penyederhanaan perizinan usaha.

Acara pertemuan pembinaan komunitas hukum ini juga merupakan sarana evaluasi pembentukan peraturan perundang-undangan selama tahun 2019 dan perencanaan pembentukan peraturan perundang-undangan yang akan dilaksanakan di tahun 2020. Sebagai bentuk apresiasi kepada unit teknis atas hasil capaian produk hukum terbanyak yang dihasilkan pada Tahun 2019, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan memberikan penghargaan diberikan kepada Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Edi Purnama, SH.,MM.

» Lihat Semua Berita